B. Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang

Description

mengenai Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang
Ilham Ramadhan Perdana
Slide Set by Ilham Ramadhan Perdana, updated more than 1 year ago
Ilham Ramadhan Perdana
Created by Ilham Ramadhan Perdana over 6 years ago
24
0

Resource summary

Slide 1

    Karbohidrat mempunyai beberapa fungsi bagi tubuh antara lain sebagai berikut: Sumber energi utama dan tidak dapat diganti dengan sumber energi yang lain pada beberapa organ, yaitu otak, lensa mata, dan sel saraf. Menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Membantu proses penyerapan kalsium. Bahan pembentuk senyawa kimia yang lain, misalnya lemak dan protein. Berperan penting dalam penurunan sifat, misalnya karbohidrat dengan atom C lima buah merupakan komponen asam nukleat (DNA, RNA).             Karbohidrat terdapat pada nasi, jagung, kentang.
    1. Karbohidrat

Slide 2

    2. Protein
    Protein mempunyai fungsi sebagai berikut: Untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Merupakan sumber energi, setiap 1 gram protein menghasilkan energi sebesar 4,1 kalori. Penyusun hormon, zat antibodi, dan organela lainnya. Menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh. Penyusun protoplasma. Protein dapat diperoleh dari berbagai sumber bahan makanan. Berdasarkan asalnya, protein dapat dibedakan menjadi dua sebagai berikut. Protein hewani, berasal dari hewan. Umumnya mengandung protein yang lengkap, terdapat pada ikan, daging, susu, telur, larva serangga, lebah, belalang, laron, kepompong, dan lain-lain. Protein nabati, berasal dari tumbuh-tumbuhan. Protein nabati terdapat pada kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian. Pada umumnya protein nabati mengandung protein yang tidak lengkap, kecuali pada kacang-kacangan yaitu kedelai.

Slide 3

    3. Lemak
    Lemak merupakan penghasil energi terbesar. Dalam setiap 1 gram lemak yang dioksidasi akan menghasilkan ± 9,3 kalori. Fungsi lemak yang lain, adalah sebagai pelarut vitamin (A, D, E, dan K), pelindung alat-alat tubuh, penahan rasa lapar karena lemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan sebagai penyedap makanan. Contoh makanan yang mengandung lemak adalah daging, susu, keju, mentega, minyak, kemiri, kacang-kacangan, dan avokad.

Slide 4

    4. Vitamin
    Vitamin merupakan senyawa organik yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, tidak menghasilkan energi dan berperan sebagai zat pengatur dalam tubuh. Bahan makanan yang merupakan sumber utama vitamin, antara lain buah-buahan. Berdasarkan kelarutannya, vitamin dapat dibedakan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) dan larut dalam air (vitamin B dan C).

Slide 5

    5. Mineral
    Mineral yang diperlukan tubuh dalam bentuk garam atau unsur. Garam mineral mudah larut dan mudah diserap tubuh tanpa proses pencernaan. Berdasarkan jumlah kebutuhan dalam tubuh, mineral dapat dibedakan menjadi dua, yaitu makroelemen dan mikroelemen. Makroelemen adalah mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Makroelemen meliputi kalium (K), kalsium (Ca), natrium (Na), fosfor (P), magnesium (Mg), belerang (S), dan klor (Cl). Mikroelemen yaitu mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Misalnya besi (Fe), mangan (Mn), kobalt (Co), molibdenum (Mo), dan selenium (Se).

Slide 6

    6. Air
    Sebagian besar tubuh manusia kurang lebih 70% terdiri dari air. Hampir semua reaksi kimia di dalam tubuh terjadi pada medium air. Secara umum air berfungsi sebagai bahan pelarut dalam tubuh. Air berguna untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuh seperti pencernaan, ekskresi, penguapan, dan lain-lain. Air merupakan komponen utama protoplasma, darah dan limfa, sehingga air berfungsi juga untuk mengangkut sisa metabolisme dari jaringan ke luar tubuh, serta mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh. Kita memerlukan 2,5 liter air setiap harinya, karena setiap hari badan kita kehilangan lebih dari 2,5 liter. Air keluar dari tubuh melalui air kencing, bersama feses, keringat, dan berupa uap air dari paru-paru. Kebutuhan air dalam tubuh dapat diperoleh dari air minum, makanan, buah, dan sayuran.
Show full summary Hide full summary

Similar

Peraturan-peraturan Makanan 1985
Radhiah Shukri
Peraturan-peraturan Kebersihan Makanan 2009
Radhiah Shukri
3. The Bolshevik's Seizure of Power
ShreyaDas
English Speech Analysis Terminology
Fionnghuala Malone
IB Economics: International Trade
Han Zhang
Biology AS Level Vocab- OCR- Chapters 1 and 2
Laura Perry
Business Studies - AQA - GCSE - Types of Ownership
Josh Anderson
Using GoConqr to study Economics
Sarah Egan
Using GoConqr to study English literature
Sarah Egan
New GCSE history content
Sarah Egan
Factores Humanos en la Aviación
Adriana Forero