Analisa Cerpen: Tuhan Maha Tahu oleh: Leo Tolstoy

david.riadi12
Mind Map by david.riadi12, updated more than 1 year ago
david.riadi12
Created by david.riadi12 almost 6 years ago
372
0

Description

Mind Map on Analisa Cerpen: Tuhan Maha Tahu oleh: Leo Tolstoy, created by david.riadi12 on 04/25/2014.

Resource summary

Analisa Cerpen: Tuhan Maha Tahu oleh: Leo Tolstoy
1 Unsur-Unsur Cerpen
1.1 Tokoh: Tokoh utama didalam cerita ini adalah Aksionov, seorang saudagar muda yang memiliki sebuah rumah dan dua buah tokoh. Aksionov diberi karakteristik seorang yang tampan berambut pirang keriting, penuh canda dan gemar menyanyi. Ketika masih sangat muda ia suka minum minum dan bikin ribut kalau mabuk. Tapi setelah menikah ia pun berhenti minum, kecuali sesekali saja.yangDidalam Cerita ini dikisahkan bagaimana Aksionov harus menjalani hidupnya
1.2 Adegan: Didalam cerita ini mempunyai banyak adegan yang mengkisahkan hidup aksionov. Beberapa adegan didalam cerita ini adalah adegan sedih, walaupun begitu, dia menjalani hidup dengan baik
1.3 Gerak: Cerita ini mempunyai gerak lurus karena mempunyai klimaks dan anti-klimaks
2 Macam Cerpen
2.1 Cerpen Keluarga: Didalam cerita ini dikisahkan bagaiman seorang Aksionov bisa menjalankan hidupnya dengan baik. Walupun ada banyak tantangan, dia harus melewatinya satu persatu. Cerita ini juga memberikan pesan moral seorang yang mengampuni, cocok untuk keluarga.
3 Jenis Cerpen
3.1 Realisme: Menurut saya, Cerpen ini berupa sebuah cerpen realisme karena Cerpen ini memberikan sebuah persaan baru tentang kehidupan. Cerita ini memakai banyak makna kehidupan yang bisa menjadi suatu manfaat bagi pembaca.
4 Ciri-Ciri Cerpen
4.1 Ciri Umum
4.1.1 Intensity: Dalam cerita ini diceritakan bagaimana intensity cerita memberikan satu kesan tegang yang membuat pembaca mau terus membaca.
4.1.2 Unity: Cerita ini dipenuhi oleh banyak detil-detil untuk membuat pembaca mempunyai kesan menarik terhadap buku
4.1.3 Brevity: Cerita ini tidak begitu singkat, tetapi karena adegan-adengan yang menarik, pembaca dapat menikmati cerita seperti sebuah buku kecil
4.2 Ciri Khusus
4.2.1 Sugestive: Cerita ini memberikan komen sugestif didalam cerita untuk memberikan waktu berfikir untuk pembaca
4.2.2 Incisive: Cerita ini adalah sebuah cerita yang mau memberikan banyak detil-detil menarik untuk menjadi sebuah cerita yang tajam. Detil-detil menarik ini membuat pembaca untuk lebih semangat membaca.
4.2.3 Alert: Cerita ini mirip seperti cerita biografi tetapi membertikan kesan lebih banyak. Keteganggan yang dialami dan juga plot cerita yang detil memberi kesan kepada cerita ini sebagai sebuah cerita yang menarik.
5 Syarat-Syarat Cerpen
5.1 1. Mengandung satu konsep kehidupan: Konsep kehidupan didalam cerita ini menceritakan seorang Russia bernama Ivan Dimitrich Aksionov yang dituduh sebagai pembunuh. Tetapi, sewaktu Aksionov mengetahui pembunuh yang asli, dia mengampuni orang itu
5.2 2. Menimbulkan satu efek bagi pembaca: Saya merasa bahwa cerita ini memberi efek emosional yang berupa kesedihan dan keteganggan. Cerita ini memberikan sebuah efek kesedihan karena Aksionov harus masuk kedalam penjara karena kesalahan yang bukan ia lakukan. Keteganggan sewaktu Aksionov diketahui sebagai pembunuh.
5.3 3. Mengandung satu insiden utama: Saya merasa bahwa insiden utama didalam cerita ini adalah sewaktu Aksionov menjadi tersangka atas kasus pembunuhan.
5.4 4. Menyampaikan detail insiden: Detail insiden yang diberikan oleh penulis adalah percakapan Aksionov dengan seorang temannya seketika ia bertemu ditengah jalan. Juga diberikan detail tentang pisau yang dipenuhi dengan darah untuk menambah tensi kepada pembaca.
5.5 5. Menceritakan satu pelaku utama: Pelaku utama didalam cerita Tuhan Maha Tahu adalah seorang yang bernama Ivan Dimitrich Aksionov. Aksionov adalah seorang tokoh yang memainkan peran protagonis didalam cerita ini.
5.6 6. Menyalikan satu emosi: Emosi yang diberikan oleh cerita ini adalah sebuah emosi kesedihan yang dialami Aksionov. Aksionov harus mengalami banyak kesedihan didalam perjalanan hidupnya seperti ketika ia dimasukkan kedalam penjara.
5.7 7. Bergantung kepada satu situasi: Aksionov bergantung kepada satu situasi yaiitu situasi dimana Aksionov harus terperangkap didalam kesedihan. Aksionov harus mencoba dengan sekuat tenaga untuk keluar dari situasi itu, tetapi Aksionov memilih untuk menunggu.
5.8 8. Bergantung pada jalan cerita: Cerita Aksionov menetap di satu jalan cerita tentang hidupnya. Cerita Aksionov menetap didalam jalan cerita yang sangat unik dimana ia mendapatkan dua sisi kehidupan yang berbeda
5.9 9. Mempunyai jumlah kata max. 10,000: Cerpen ini mempunyai jumlah kata 2,705
6 Leo Tolstoy
7 Buku Leo Tolstoy
8 Leo Tolstoy menulis buku
Show full summary Hide full summary

Similar

English Speech Analysis Terminology
Fionnghuala Malone
EBW: Onderwerp 1, Gr7 (KABV)
mvloch
Maths Revision
Asmaa Ali
Maths GCSE - What to revise!
sallen
English Language Revision
saradevine97
EEO Terms
Sandra Reed
Biological Molecules
Alisa Poppen
New GCSE history content
Sarah Egan
World War One
Micheal Heffernan
1PR101 1.test - 7. část
Nikola Truong
1PR101 2.test - Část 5.
Nikola Truong