Esensi Manusia Menurut Aliran Dalam Filsafat - created from Mind Map

Description

Note on Esensi Manusia Menurut Aliran Dalam Filsafat - created from Mind Map, created by mochishaq on 13/03/2014.
mochishaq
Note by mochishaq, updated more than 1 year ago More Less
mochishaq
Created by mochishaq about 10 years ago
mochishaq
Copied to Note by mochishaq about 10 years ago
839
0

Resource summary

Page 1

DualismePaham Filsafat yang meyakini bahwa esensi kennyataan, termasuk esensi manusia bersifat fisik maupun spiritual.

Idealisme Paham Filsafat yang meyakini bahwa esensi kenyataan, termasuk esensi manusia bersifat spiritual. Ciri-Ciri Idealisme :1. Esensi dari kenyataan ini adalah berpikir (res cogitans)2. Tidak bisa diukur/dijelaskan berdasarkan pengamatan empiris.3. Bersifat rasional, berperasaan, kreatif, dll. Pandangan Idealisme tentang manusia • Setiap perbuataan manusia mengandung maksud dan tujuan, bukan semata-mata bergerak mekanis. Sumber utama perilaku bukanlah kekuatan eksternal, melainkan kekuatan internal.• Deterministik. Roh absolut (Tuhan) adalah bebas dan tak berhingga, tetapi manusia sebagai bagian atau perwujudan dari roh absolut, tidak bebas dan berhingga.

Materialisme Paham Filsafat yang meyakini bahwa esensi kenyataan, termmasuk esensi manusia bersifat material atau fisik. Ciri-Ciri Materialisme :1. Menempati ruang dan waktu. 2. Memiliki keluasan (rex extensa).3. Bersifat objektif. Pandangan Materialisme tentang Manusia= 1. Manusia adalah bagian dari allam atau materi.2. Sebagai bagian dari alam, manusia adalah objek yang substansinya berkeluasan.3.Manusia adalah mesin atau kumpulan sel dan sistem saraf. Manusia adalah daging (tubuh) tanpa jiwa. Daging yang menempati ruang dan waktu.4. Manusia adalah makhluk yang deterministik, tidak memiliki kebebasan.

Vitalisme Vitalisme adalah paham didalam filsaafat yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat irasional atau tidak rasional. Acuan vitalisme terutama adalah ilmu biologi dan sejarah.

Eksistensialisme Tidak membahas esensi manusia secara abstrak, melainkan secara spesifik meneliti pernyataan kongkrit manusia sebagaimana manusia itu sendiri berada dalam dunianya. eksistensi mempunyai arti sebagai “sesuatu yang sanggup keluar dari keberadaannya” atau “sesuatu yang mampu melampaui dirinya sendiri”.

Strukturalismealiran dalam filsafat manusia yang menempatkan struktur (sistem) bahasa dan budaya sebagai kekuatan-kekuatan yang menentukan perilaku dan bahkan kesadaran manusia.

Posmodernisme Posmodernisme masuk kedalam aspek-aspek kehidupan manusia yang lebih beragam dan lebih aktual Faham atau aliran ini berkembang setelah modernisasi

Esensi Manusia Menurut Aliran Dalam Filsafat

Show full summary Hide full summary

Similar

Cognitive Psychology - Loftus and Palmer (1974)
Robyn Chamberlain
George- Of mice and men
Elinor Jones
History- Home Front WW1
jessmitchell
GCSE Mathematics Topics
goldsmith.elisa
GCSE French - Parts of the Body
Abby B
Physical Geography
clongworth25
GCSE AQA Biology 2 Enzymes, Digestion & Enzyme Uses
Lilac Potato
Biology - the digestive system
Oliviax
Haemoglobin
Elena Cade
Chemistry (C3)
Amy Lashkari
Basic English tenses
Mariola Hejduk